RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
1.
Kualifikasi akademik
Ijazah
|
Relevansi
|
Skor
|
S1 / D4
(tanpa melalui Diploma)
|
Kependidikan
sesuai bidang studi (mapel)*
|
150
|
Nonkependidikan
sesuai bidang studi (mapel) mimiliki Akta Mengajar
|
150
|
|
Kependidikan sesuai dengan rumpun bidang studi (mapel)**
|
140
|
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)
|
130
|
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi
(mapel)
|
120
|
|
Nonkependidikan
tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi memiliki Akta Mengajar
|
120
|
|
Nonkependidikan tidak sesuai
bidang studi dan rumpun bidang studi
|
110
|
|
Post Graduate
Diploma
|
Sesuai bidang
studi
|
80
|
Tidak sesuai
|
50
|
|
S2
|
Kependidikan
sesuai bidang studi (mapel)
|
175
|
Kependidikan sesuai dengan
rumpun bidang studi (mapel)
|
160
|
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)
|
160
|
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi
|
145
|
|
Nonkependidikan tidak sesuai
bidang studi dan rumpun bidang studi
|
130
|
|
S3
|
Kependidikan
sesuai bidang studi (mapel)
|
200
|
Kependidikan sesuai dengan
rumpun bidang studi (mapel)
|
180
|
|
Nonkependidikan sesuai bidang studi (mapel)
|
180
|
|
Kependidikan tidak sesuai bidang studi dan rumpun bidang studi
|
160
|
|
Nonkependidikan tidak sesuai
bidang studi dan rumpun bidang studi
|
140
|
Catatan:
*
Untuk Guru Bimbingan dan Konseling (Konselor) analog dengan Program Studi
PPB/BK
** Untuk mata pelajaran produktif di SMK, program
keahlian analog dengan bidang studi (mapel)
*** Untuk mata pelajaran produktif di SMK, bidang
keahlian analog dengan rumpun bidang studi
****S1, S2, atau S3 yang kedua dan seterusnya
diperhitungkan dengan skor 25% dari skor yang ditetapkan dalam rubrik ini.
Skor maksimal: jika
memiliki S1, S2, dan S3 kependidikan yang relevan: 150 + 175 + 200 = 525
2.
Pendidikan dan Pelatihan
Lama Diklat
(Jam Pelatihan)
|
Internasional
|
Nasional
|
Provinsi
|
Kab/Kota
|
Kecamatan
|
|||||
R
|
TR
|
R
|
TR
|
R
|
TR
|
R
|
TR
|
R
|
TR
|
|
> 640
|
60
|
45
|
50
|
40
|
45
|
35
|
40
|
30
|
35
|
25
|
481 – 640
|
55
|
40
|
45
|
35
|
40
|
30
|
35
|
25
|
30
|
20
|
161 – 480
|
45
|
35
|
40
|
30
|
35
|
25
|
30
|
20
|
25
|
15
|
81 – 160
|
40
|
30
|
35
|
25
|
30
|
20
|
25
|
15
|
20
|
10
|
30 – 80
|
35
|
25
|
30
|
20
|
25
|
15
|
20
|
10
|
15
|
7
|
8 – 29
|
30
|
20
|
25
|
15
|
20
|
10
|
15
|
5
|
10
|
3
|
Keterangan:
R: relevan; materi diklat mendukung pelaksanaan tugas
profesional guru
TR: tidak relevan; materi diklat tidak mendukung pelaksanaan
tugas profesional guru
Skor maksimuml (taksiran): 2x pelatihan nasional relevan pola 170 jam, 2x
propinsi relevan pola 120 jam, 4x
kabupaten/kota relevan pola 20 jam = (2x40) + (2 x 30) + (4 x 15) = 200
3. Pengalaman Membimbing
Masa Kerja
|
Skor
|
> 25 tahun
|
160
|
23 – 25 tahun
|
145
|
20 – 22 tahun
|
130
|
17 – 19 tahun
|
115
|
14 – 16 tahun
|
100
|
11 – 13 tahun
|
85
|
8 – 10 tahun
|
70
|
5 – 7 tahun
|
55
|
2 – 4 tahun
|
40
|
Catatan: tugas belajar diperhitungkan dalam pengalaman membimbing
Skor maksimum: 160
4.
Perencanaan dan Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
a.
Perencanaan Bimbingan dan Konseling
Mengumpulkan 5 buah Program
Pelayanan Bimbingan dan Konseling (PPBK) yang berbeda
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
1. Perumusan tujuan pelayanan
2. Pemilihan dan pengorganisasian materi pelayanan
3. Pemilihan instrumen/media
4. Strategi pelayanan
5. Waktu dan biaya
6. Rencana evaluasi dan tindak lanjut
|
4
8
8
8
4
4
|
|
Mengumpulkan Program Semesteran dan Program Tahunan
|
7. Program Semesteran Bimbingan dan konseling
8. Program Tahunan Bimbingan dan konseling
|
2
2
|
Catatan: Kumpulkan empat dari lima buah Program Pelayanan Bimbingan dan
Konseling (PPBK) yang mencakup bidang (1) pendidikan/belajar, (2) karier, (3)
pribadi, (4) sosial, (5) akhlak mulia/budi pekerti.
Skor maksimal: jika semua butir aspek mencapai skor
maksimum: 40
b. Pelaksanaan Bimbingan
dan Konseling
Laporan Pelaksanaan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling (PPBK)
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
1. Agenda kerja guru bimbingan dan konseling (konselor)
2. Daftar konseli
3. Data kebutuhan dan permasalahan konseli
4. Laporan bulanan
5. Laporan semesteran/tahunan
6. Aktivitas pelayanan Bimbingan dan Konseling
a. Pemahaman : (antara lain : Sosiometri, kunjungan rumah, catatan anekdot,
konferensi kasus)
b. Pelayanan langsung : (antara lain : konseling individual, konseling
kelompok, konsultasi, bimbingan kelompok, bimbingan klasikal, referal)
c. Pelayanan tidak langsung : (antara lain : papan bimbingan, kotak masalah,
bibliokonseling, audio visual, audio, media cetak : liflet, buku saku)
7. Laporan hasil evaluasi program, proses, produk bimbingan dan konseling
serta tindak lanjutnya
|
5
5
10
5
5
20
40
15
15
|
Catatan:
* Kumpulkan empat dari lima buah Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling
(PPBK) yang mencakup bidang (1) pendidikan/belajar, (2) karier, (3) pribadi,
(4) sosial, (5) akhlak mulia/budi pekerti.
* Penilaian
perencanaan dan pelaksanaan bimbingan
dan konseling dilakukan oleh Kepala Sekolah dan/atau Pengawas
Skor maksimal: jika semua butir aspek mencapai skor maksimum: 120
5.
Penilaian dari atasan dan pengawas
Bukti
|
Aspek yang dinilai
|
Skor maks
|
Dokumen hasil penilaian oleh atasan dan/atau pengawas
tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial
|
1. Ketaatan menjalankan ajaran agama
2. Tanggung jawab
3. Kejujuran
4. Kedisiplinan
5. Keteladanan
6. Etos kerja
7. Inovasi dan kreativitas
8. Kemampuan menerima kritik dan saran
9. Kemampuan berkomunikasi
10. Kemampuan bekerja sama
|
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
|
|
Jumlah
|
50
|
Skor maksimum: jika semua butir aspek mencapai skor
maksimum: 10 x 5 = 50
6.
Prestasi Akademik
a. Lomba dan karya akademik
Prestasi
|
Tingkat
|
Skor
|
Bukti juara lomba akademik
|
Internasional
Nasional
Provinsi
Kabupaten/Kota
Kecamatan
|
60
40
30
20
10
|
Bukti
menemukan karya monumental
|
Pendidikan
Nonpendidikan
|
60
40
|
*) Kejuaraan diambil tingkat yang tertinggi dan jika mencapai juara I, II,
atau III
b. Pembimbingan kepada teman sejawat / siswa
Jenis
Pembimbingan teman sejawat/siswa
|
Skor
|
|
Instruktur
|
40
|
|
Guru
Inti/Tutor/Pemandu
|
20
|
|
Pembimbingan siswa dalam berbagai lomba/karya sampai
meraih juara
|
Tingkat Internasional
: 40
Tingkat
Nasional : 25
Tingkat
Provinisi : 20
Tingkat
Kabupaten/Kota : 15
Tingkat
Kecamatan : 10
|
|
Pembimbingan siswa dalam berbagai lomba/karya tidak
mencapai juara
|
5
|
|
Skor maksimum (taksiran): 1x lomba akademik nasional, 1 x juara lokal, sebuah
karya monumental bidang pendidikan, instruktur : 40 + 20 + 60 + 40 = 160
7.
Karya Pengembangan Profesi
Jenis Dokumen /
Karya
|
Publikasi
|
Skor
|
|
Relevan
|
Tidak
relevan
|
||
a.
Buku
|
Nasional
|
50
|
35
|
Provinsi
|
40
|
25
|
|
Kabupaten/Kota
|
30
|
15
|
|
b.
Artikel
|
Jurnal
Terakreditasi
|
25
|
20
|
Jurnal
Tidak Terakreditasi
|
10
|
8
|
|
Majalah/koran
nasional
|
10
|
8
|
|
Majalah/koran
lokal
|
5
|
3
|
|
c.Menjadi reviewer buku, penulis soal EBTANAS/UN
|
2 per kegiatan
|
||
d.
Modul/ Buku dicetak lokal (Kabupaten/
|
Minimal mencakup materi 1 tahun (dua semester) skor 20
|
||
e.
Media/Alat pelajaran
|
Setiap
membuat satu media/alat pelajaran diberi skor 5
|
||
f. Laporan
penelitian di bidang pendidikan
|
Setiap satu laporan diberi skor 10
Sebagai
ketua 60% dan anggota 40%
|
||
g.
Karya teknologi/seni
(TTG, patung, rupa, tari, lukis, sastra, dll)
|
Setiap karya seni diberi skor 15
|
Catatan:
*)Buku publikasi nasional adalah buku ber-ISBN dan ditetapkan oleh BSNP
sebagai buku standar; publikasi provinsi adalah buku ber-ISBN; publikasi
kab/kota adalah buku yang tidak ber-ISBN
Skor maksimum (taksiran): 1 buku publikasi kabupaten/kota, 1 artikel dalam jurnal terakreditasi, 2 artikel
dalam jurnal tidak terakreditasi, & 2 artikel di koran lokal: 30 + 25 + (2 x 10) + (2 x 5) =85
8.
Keikutsertaan dalam forum ilmiah
Tingkat
|
Skor
|
|
Pemakalah
|
Peserta
|
|
Internasional
|
50
|
10
|
Nasional
|
40
|
8
|
Provinsi
|
30
|
6
|
Kabupaten/Kota
|
20
|
4
|
Kecamatan
|
10
|
2
|
Skor
maksimal (taksiran): 1x peserta internasional, 1x pemakalah nasional, dan 3x
peserta kabupaten/kota: 10 + 40 + (3 x 4) = 62
9.
Pengalaman menjadi pengurus organisasi di bidang
kependidikan dan sosial
a. Pengurus organisasi di bidang kependidikan dan
sosial
Tingkat Organisasi
|
Skor per tahun
|
|
Kependidikan
|
Sosial
|
|
Internasional
|
10
|
7
|
Nasional
|
7
|
5
|
Provinsi
|
5
|
4
|
Kabupaten/Kota
|
4
|
3
|
Kecamatan
|
3
|
2
|
Desa/Kelurahan
|
2
|
1
|
b. Tugas Tambahan
Tugas
Tambahan
|
Skor
per tahun
|
Kepala
sekolah
|
4
|
Wakil
kepala sekolah/ketua jurusan/kepala lab/ kepala bengkel
|
2
|
Pembina
kegiatan ekstra kuriluler (pramuka, drumband, mading, KIR, dsb.)
|
1
|
Skor
maksimum (taksiran): 3 tahun pengurus nasional organisasi kependidikan, 3 tahun
pengurus organisasi sosial tingkat kabupaten, mendapat tugas tambahan sebagai
wakasek dan kasek masing-masing selama 4 tahun: (3 x 6) + (3 x 2) + (4 x 2) + (4
x 4) = 48
10.
Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan
Tingkat
|
Skor
|
Internasional
Nasional
Provinsi
Kabupaten/Kota
|
30
20
10
5
|
Melaksanakan
tugas di daerah terpencil/tertinggal/bencana/konflik/perbatasan
|
Setiap tahun 4
|
Skor maksimal (taksiran): 1x
penghargaan nasional, 3 x penghargaan provinsi:
20 + (3 x 10) = 50
SKOR MAKSIMUM PER UNSUR
PORTOFOLIO
(Sebagian
merupakan skor maksimum fix dan sebagian yang lain skor maksmum taksiran)
NO.
|
UNSUR PORTOFOLIO GURU
|
SKOR
|
1.
|
Kualifikasi
akademik
|
525
|
2.
|
Pendidikan
dan pelatihan
|
200
|
3.
|
Pengalaman
membimbing
|
160
|
4.
|
Perencanaan
dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
|
160
|
5.
|
Penilaian dari atasan dan pengawas
|
50
|
6.
|
Prestasi
akademik
|
160
|
7.
|
Karya
pengembangan profesi
|
85
|
8.
|
Keikutsertaan
dalam forum ilmiah
|
62
|
9
|
Pengalaman organisasi di
bidang kependidikan dan sosial
|
48
|
10
|
Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan
|
50
|
Jumlah
|
1500
|
PENGELOMPOKAN KOMPONEN PORTOFOLIO DAN KETENTUANNYA
A.
Unsur Kualifikasi dan Tugas Pokok (minimal
300 dan semua sub unsur tidak boleh kosong)
1.
|
Kualifikasi
akademik
|
525
|
2.
|
Pengalaman
membimbing
|
160
|
3.
|
Perencanaan dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
|
160
|
Jumlah
|
845
|
B.
Unsur Pengembangan Profesi (minimal
200 dan Guru yang ditugaskan pada daerah khusus minimuml 150)
1.
|
Pendidikan
dan pelatihan
|
200
|
2.
|
Penilaian dari atasan dan pengawas
|
50
|
3.
|
Prestasi
akademik
|
160
|
4.
|
Karya
pengembangan profesi
|
85
|
Jumlah
|
495
|
C.
Unsur Pendukung Profesi (tidak boleh
nol dan maksimal 100)
1.
|
Keikutsertaan
dalam forum ilmiah
|
62
|
2.
|
Pengalaman organisasi di
bidang kependidikan dan sosial
|
48
|
3.
|
Penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan
|
50
|
Jumlah
|
160
|
BATAS LULUS: 850 (57%
dari perkiraan skor maksimum)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar