Sabtu, 30 April 2016

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA

HAK DAN KEWAJIBAN WARGA NEGARA



Negara sebagaisuatuentitasadalahabstrak, yang tampakadalahunsur-unsurnegara yang beruparakyat, wilayah, danpemerintah.Salah satuunsurnegaraadalahrakyat.Rakyat yang tinggaldiwilayahnegaramenjadipenduduknegara yang bersangkutan.Warganegaraadalahbagiandaripenduduksuatunegara.Warganegaramemilikihubunganndengannegaranya.Kedudukannyasebagaiwarganegaramenciptakanhubunganberupaperanan, hakdankewajiban yang bersifattimbalbalik.
Kewarganegaraanmemilikikeanggotaan yang menunjukkanhubunganatauikatananataranegaradenganwarganegara.Kewarganegaraanadalahsegalahalihlawal yang berhubungandengannegara.
Pengertiankewarganegaraandibedakanmenjadidua, yaitu :
a. KewarganegaraandalamartiYuridis
Kewarganegaraandalamartiyuridisditandaidenganadanyaikatanhukumantara orang –orang dengannegara.Adanyaikatanhukumitumenimbulkanakibat-akibathukumtertentu, yaitu orang tersebutberadadibawahkekuasaannegara yang bersangkutan.Tandadariadanyaikatanhukum ,misalanyaaktakelahiran,surat pernyataan, buktikewarganegaraan, dsb.
b. KewarganegaraandalamartiSosiologis
Kewarganegaraandalamartisosilogistidakditandaidenganikatanhukum.Tetapiikatanemosional, sepertiikatanperasaan, ikatanketurunan, ikatannasib, ikatansejarah, danikatantanah air.Dengan kata lain, ikataninilahirdaripenghayatanwarganegarabersangkutan.
KedudukanWarga Negara Dalam Negara
PenentuanWarga Negara
Siapasaja yang dapatmenjadiwarganegaradarsuatunegara?Setiapnegaraberdaulatberwenangmenentukansiapa-siapa yang menjadiwarganegara.Dalammenentukankewarganegaraanseseorang, dikenaldenganadanyaasaskewarganegaraanberdasarkankelahirandanasaskewaraganegaraanberdasarkanperkawinan.
Dalampenentuankewarganegaraandidasarkankepadasisikelahirandikenalduaasasyaituasas ius soli dan iussanguinis .Iusartinyahukumataudalil.Soli berasaldari kata solum yang artinyanegariatautanah.Sanguinisberasaldari kata sanguis yang artinyadarah.
a. AsasIus Soli
Asas yang menyatakanbahawakewarganegaraanseseorangditentukandaritempatdimana orang tersebutdilahirkan.
b. AsasIusSanguinis
Asas yang mennyatakanbahwakewarganegaraansesorangditentukanberadasarkanketurunandari orang tersebut.
Selaindarisisikelahiran, penentuankewarganegaraandapatdidasarkanpadaaspekperkawinan yang mencakupaasaskesatuanhukumdanasaspersamaanderajat :
a. Asaspersamaanhukumdidasarkanpandanganbahwasuamiistriadalahsuatuikatan yang tidakterpecahkansebagaiintidarimasyarakat. Dalammenyelenggarakankehidupanbersama, suamiistriperlumencerminkansuatukesatuan yang bulattermasukdalammasalahkewarganegaraan. Berdasarkanasasinidiusahakanststuskewarganegaraansuamidanistriadalahsamadansatu.
b. Asaspersamaanderajatberasumsibahwasuatuperkawinantidakmenyebabkanperubahan status kewarganegaaraansuamiatauistri. Keduanyamemilikihak yang samauntukmenentukansendirikewarganegaraan. Jadimerekadapatberbedakewarganegaraansepertihalnyaketikabelumberkeluarga.
Negara memilikiwewenanguntukmenentukanwarganegarasesuaidenganasas yang dianutnegaratersebut.Denganadanyakedaulatanini, padadasarnyasuatunegaratidakterikat olehnegara lain dalammenentukankewarganegaraan. Negara lainjugatidakbolejmenentukansiapasaja yang menjadiwarganegaradarisuatunegara.
Penentuankewarganegaraan yang berbeda-bedaolehsetiapnegaradapatmenciptakan problem kewarganegaraanbagiseorangwarga.Secararingkas problem kewarganegaraanadalahmunculnyaapatridedanbipatride.Appatrideadalahistilahuntuk orang-orang yang tidakmemilikikewarganegaraan.Bipatrideadalahistilahuntuk orang-orang yang memilikikewarganegaraanganda (rangkapdua).Bahkandapatmunculmultipatrideyaituistilahuntuk orang-orang yang memilikikewarganegaraan yang banyak (lebihdari 2)



A. ContohHakWarga Negara Indonesia
1. Setiapwarganegaraberhakmendapatkanperlindunganhukum
2. Setiapwarganegaraberhakataspekerjaandanpenghidupan yang layak
3.Setiapwarganegaramemilikikedudukan yang sama di matahukumdan di dalampemerintahan
4. Setiapwarganegarabebasuntukmemilih, memelukdanmenjalankan agama dankepercayaanmasing-masing yang dipercayai
5.Setiapwarganegaraberhakmemperolehpendidikandanpengajaran
6.Setiapwarganegaraberhakmempertahankanwilayahnegarakesatuan Indonesia ataunkridariseranganmusuh
7.Setiapwarganegaramemilikihaksamadalamkemerdekaanberserikat, berkumpulmengeluarkanpendapatsecaralisandantulisansesuaiundang-undang yang berlaku
B. ContohKewajibanWarga Negara Indonesia
1. Setiapwarganegaramemilikikewajibanuntukberperansertadalammembela, mempertahankankedaulatannegaraindonesiadariseranganmusuh
2. Setiapwarganegarawajibmembayarpajakdanretribusi yang telahditetapkanolehpemerintahpusatdanpemerintahdaerah (pemda)
3. Setiapwarganegarawajibmentaatisertamenjunjungtinggidasarnegara, hukumdanpemerintahantanpaterkecuali, sertadijalankandengansebaik-baiknya
4.Setiapwarganegaraberkewajibantaat, tundukdanpatuhterhadapsegalahukum yang berlaku di wilayahnegaraindonesia
5. Setiapwarganegarawajibturutsertadalampembangunanuntukmembangunbangsa agar bangsakitabisaberkembangdanmajukearah yang lebihbaik






Tidak ada komentar:

Posting Komentar