Sabtu, 30 April 2016

kumpulan soal dan jawaban ilmu sosial dan budaya dasar

UJIAN TENGAH SEMESTER
ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
NAMA:ALI MIDDIN
NIM/BP:1201880/2012
PRODI: PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO
1.Bagaimana tanggapan saudara mengenai kasus hukum pemerintahan Indonesia saat ini jika dilihat dari perspektif sosial budaya?
Jawab:menurut pendapat saya hukum yang baik itu harus seasuai dengan nilai-nilai budaya yang ada dalam masyarakat,sedangkan hukum pemerintahan Indonesia saat ini banyak yang bertentangan atau ketidakcocokan antara hukum dan budaya.Dimana hukum lebih membatasi sebagai lahiriah saja,sedangkan hal tersebut tidak sesuai dengan kebudayaan.Dalam budaya sesuatu yang mengatur tingkah laku manusia harus menyangkut sikap batin manusia itu sendiri.Hukum juga seharusnya didasarkan atas kehendak masyarakat tetapi dewasa ini hukum akhirnya didasarkan atas kehendak negara.
2.Menurut Gillin dan Gillin ada dua proses sosial yang timbul akibat adanya interaksi sosial.jelaskan kedua proses tersebut serta jelaskan masing-masing bentuk dari kedua proses tersebut?
            Jawab:
            1.Proses asosiatif
Pertama dengan kerjasama,kerja sama timbul karena orientasi orang-perorangan dengan kelompoknya dan kelompok lainnya kerja sama akan bertambah kuat.yang kedua dengan acomodasi,yaitu yang menggambarkan suatu proses dalam hubungan-hubungan sosial yang sama artinya dengan beradaptasi


2.proses disosiatif
Yang pertama yaitu persaingan,persaingan dapat diartikan sebagai suatu proses sosial dimana individu atau kelompok manusia yang bersaing mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan.yang kedua kontrafersi,kontrafersi pada hakikatnya merupakan proses bentuk sosial yang berada antara persaingan dan pertentangan .
3.Jelaskan factor-faktor yang mendasari berlangsungnya interaksi sosial?   
Jawab:berlangsungnya interaksi sosial didasarkan pada berbagai factor antara lain,factor imitasi,sugesti,identifikasi dan simpati.
>> Imitasi berarti tindakan orang lain dimulai sejakbayi dan akan terus berkembang
>> sugesti berarti suatu proses dimana seorang individu menerima suatu cara   penglihatan atau pedoman tingkah laku dari orang lain tanpa kritik terlebih dahulu
>> identifikasi berarti kecendrungan atau keinginan untuk mempersamakan dirinya dengan orang lain
>> simpati berarti simpati dapat dirumuskan sebagai perasaan tertariknya seseorang terhadap  orang lain.
4.Tindakan apa yang harus dilakukan pemerintah dalam kasus kenaikan BBM yang menurut rencananya akan dinaikkan pada bulan depan,jelaskan tanggapan saudara?
            Jawab:Menurut tanggapan saya,agar proses tindakan pemerintah dalam kasus kenaikan BBM tersebut berjalan baik,atau tidak mengarah kepada angan-angan, maka  pemeritah harus harus dapat menjamin bahwa tindakan tersebut dapat memproyeksikan kecendrungan yang ada dalam masyarakat dewasa ini kearah waktu yang akan datang.Karena sesutau tindakan itu harus didasari seperangkat kebijaksanaan  untuk mengubah kearah kehidupan masyarakat yang lebih konteporer dan lebih maju dalam derajat kehormatan tertentu.


5.Bagaimana tanggapan saudara mengenai pembinaan karakter manusia sebagai makhluk individu,manusia sebagai makhluk sosial,dan manusia sebagai makhluk tuhan.jelaskan?
Jawab:
v  sebagai makhluk individu, segala sesuatu meyangkut pribadinya seperti baik atau buruknya dia dihadapan tuhan dan dihadapan sesama manusia sangat ditentukan oleh sikap dan prilaku dirinya sendiri, sedangkan orang lain banyak  berfungsi sebagai pendukung.Jika prilakunya baik maka akan dinikmati akibatnya, tetapi jika sebaliknya maka akan diderita akibatnya.

v  Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat bertahan hidup secara utuh hanya mengandalkan dirinya sendiri, manusia memerlukan bantuan atau kerja sama dengan orang lain. Manusia harus hidup menggunakan akal budi dalam suatu system nilai yang berlaku dalam kurun waktu tertentu, hidup berbudaya yang meliputi filsafat yang terdiri atas pandangan hidup, politik, teknologi, sosial, budaya  dan lainnya.


v  Sebagai makhluk tuhan, setiap makhluk harus patuh bertingkah laku sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh tuhan (penciptanya). Jika ia tidak mau patuh kepada tuhannya berarti manusia yang demikian adalah manusia yang telah rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar